HAUL DAN GANTI KELAMBU NYAI AGENG & DALANG SOPONYONO, WARGA BAKARAN WETAN GELAR BANCAAN PUNDEN

Bakaran Wetan – Warga Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana Kabupaten Pati menggelar tradisi bancaan Punden pada hari ini. Ritual ini rutin dilaksanakan setiap bulan Suro dalam rangka Haul Mbah Nyai Ageng dan Mbah Dalang Soponyono.

Tradisi tersebut dilaksanakan di Pendopo Punden Nyai Ageng Soponyono, Kamis (27/08/2020). Adapun penyelenggara adalah Pelawang Punden Mbah Karno/ Mbah Basir bersama panitia/ kelompok Suran yang diketuai Mbah Redi.

“Biasanya saat tidak ada corona, acaranya kita buat besar, untuk tahun ini kita buat sangat sederhana, kita ikut aturan Pemerintah ,” cerita Mbah Redi

Walau bancaan sederhana, bancaan yang dipimpin dan ditandukkan langsung oleh Mbah Basir dan doa nya Mbah Moden Agus tersebut, juga berjalan dengan sangat Khidmah. Adapun peserta bancaan tidak umum tapi undangan. Yang hadir dalam bancaan tersebut adalah Tim Punden, Kelompok Suran, tokoh-tokoh Agama dan Masyarakat serta beberapa warga yang diundang. Bancaan tersebut juga dihadiri Petinggi Bakaran Wetan dan seluruh perangkat, Juga Petinggi Bakaran Kulon.

Kades Bakaran Wetan saat dimintai keterangan menjelaskan, bahwa acara Suran ini termasuk kategori kegiatan yang diperbolehkan terbatas.

“Dalam Perbup no 49 tahun 2020 tentang Pedoman Menuju Tatanan Norma Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pati telah dijelaskan bahwa tradisi yang tidak bisa ditinggalkan merupakan kegiatan yang diperbolehkan tapi terbatas dan harus menaati protokoler kesehatan,” jelas Wahyu

Maka acara tadi dilaksanakan dengan sangat terbatas dan sederhana. Acara tadi berjalan tidak lebih dari setengah jam dan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

By: WS

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan